PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

ARTIKEL IIQ

Dr. Asep Saepudin Jahar: Karakter Orang Bertakwa

Di dalam al-Qur’an disebutkan, yâ ayyuha a-ladzîna âmanû kutiba ‘alaikum al-shiyyâm kamâ kutiba ‘ala al-ladzîna min qablikum la’allakum tattaqûn. Artinya: “Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan kepada kalian untuk berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertakwa”.

Read more: Dr. Asep Saepudin Jahar: Karakter Orang Bertakwa

Orasi Ilmiah Dr. Hj. Faizah Ali Sibromalisi, M.A.: Peran Sarjana Muslimah dalam Pembinaan Keluarga dan Masyarakat di Era Globalisasi

Pendahuluan

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan Allah untuk menjadi petunjuk kehidupan bagi umat manusia.  Islam dengan kitab sucinya tidak hanya mampu merespon dan menyikapi perubahan-perubahan yang terjadi dimana saja dan kapan saja, sesuai  dengan misinya yangshâlih likulli zaman wal makan tapi juga Islam mampu menebarkan rahmat bagi seluruh alam. Umat Islam sepanjang sejarahnya telah membuktikan bahwa kandungan ajaran yang ada dalam Al-Qur’an telah menjadi petunjuk yang luar biasa untuk menata dan meniti kehidupan yang lebih baik dan bermakna.

Read more: Orasi Ilmiah Dr. Hj. Faizah Ali Sibromalisi, M.A.: Peran Sarjana Muslimah dalam Pembinaan Keluarga...

7 Kunci Sukses dari Surah al-Fatihah

Oleh: M. Ulinuha Husnan, MA.

Selama ini kita membaca Surah al-Fatihah, berkali-kali sehari semalam, terutama dalam shalat kita. Kita membacanya begitu saja sebagai ibadah. Dibalik itu semua, dibalik Surah al-Fatihah yang sering juga disebut sebagai Sab’ul Matsâni, karena memang 7 (tujuh) ayat yang dibaca berulang-ulang. Ternyata ada 7 (tujuh) rahasiah sukses.

Tujuh kunci sukses yang ada dalam Surah al-Fatihah ini, sesungguhnya adalah tujuh kunci untuk bisa sukses di dunia dan akhirat, bukan kunci sukses di dunia saja. Tujuh kuci sukses dari Surah al-Fatihah itu biasa disebut dengan singkatan B5KB.

Read more: 7 Kunci Sukses dari Surah al-Fatihah

Syûrâ dan Partisipasi dalam Pemilu

Oleh: Ali Mursyid M.A g.*

Secara prinsip, Islam mengajarkan bahwa masalah-masalah yang terkait dengan kepentingan umum diputuskan berdasarkan kesepakatan dan partisipasi umat. Al-Qur’an memberi petunjuk bahwa kesepakatan dan partisipasi umat diperoleh dengan cara syûrâ. Ini sesuai dengan (QS. asy-Syûrâ [42]: 38). Bahkan memperhatikan partisipasi masyarakat dengan cara syûrâ sepanjang menyangkut masalah-masalah ijtihâdyjuga diperintahkan kepada Nabi Muhammad saw (QS. Ali Imran [3]: 159).

Dengan syûrâ, Islam sesungguhnya memiliki prinsip partisipasi publik yang sangat mendasar. Prinsip fundamental ini merupakan nilai dasar bagi tata kehidupan sosial yang mendasari pembentukan kultur dan kehidupan bernegara menurut Islam. Adapun bentuk, struktur, tata kerja, sistem rekruitmen yang terkait dengan implementasi prinsip syûrâ, diserahkan kepada umat, disesuaikan dengan perkembangan zaman serta peradaban manusia. Oleh karenanya, dalam implementasinya,syûrâ dapat berbeda dan selalu menunjukkan fleksibilitasnya sepanjang sejarah.

Read more: Syûrâ dan Partisipasi dalam Pemilu

Membumikan Ilmu Qira’ah

Ilmu Qiraah al-Quran berperan cukup penting dalam menentukan bacaan al-Quran sesuai dengan apa yang pernah Allah wahyukan kepada Rasulullah. Tak hanya itu, bacaan al-Quran dengan qiraah yang berbeda-beda kerap menentukan makna dan berpengaruh terhadap istinbath hukum.

Berbicara mengenai ilmu Qiraah, pagi itu, Kamis, 14 November, peserta Pendidikan Kader Mufassir hanyut dalam uraian penjelasan yang diampu oleh KH Dr Ahsin Sakho Muhammad, MA. yang tak lain ialah tim lajnah pentashih mushaf al-Quran sekaligus Rektor Institut Ilmu Al-Quran. Beliau tak hanya piawai dalam memberikan paparan mengenai ilmu Qiraah, namun beliau mencontohkan beberapa bacaan al-Quran lengkap dengan versi Qiraah Sab’ah dan Qiraah Asyr. Peserta pun antusias, karena menyadari bahwa mempelajari ilmu Qiraah itu penting, mengingat banyaknya bacaan yang hadir di tengah-tengah masyarakat.

Read more: Membumikan Ilmu Qira’ah

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH