PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

Ulumul Qur’an karya Amin Suma

BUKU Ulumul Qur’an ini, merupakan edisi penyatupaduan antara revisi penambahan dan perbaikan dari buku sebelumnya yaitu buku Studi Ilmu-ilmu Al-Quran yang telah terbit sebelumnya.

Dengan tebal buku sebanyak 462 halaman, terbilang buku Ulumul Qur’an ini cukup tebal, yang isinya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu (1) membahas tentang pendekatan umum Ulumul Qur’an, baik dari sisi pengertian hingga hal-hal yang berkaitan dengan garis-garis besar isi Alquran hingga terjemahan Alquran. (2) menguraikan bidang-bidang ilmu dalam Ulumul Qur’an. Di sini kita dikenalkan dengan ilmu ‘ijaz, asbabun nuzul, munasabah ayat, maupun persoalan al-Makki dan al-Madani. (3) mengupas tafsir dan ilmu tafsir, mulai dari pengertian dan beberapa hal yang berkaitan dengan metode tafsir yang ada sekarang ini.

Melihat dari isi buku ini, memang terasa sangat lengkap, karena dilihat dari biodata penulis beliau memang merupakan dosen pegampu dari mata kuliah Ulumul Quran di UIN Syarif Hidayatullah.

Dari membaca buku ini, banyak informasi yang bisa menambah wawasan kita, seperti pada halaman 124 tentang terjemahan Alquran ke dalam bahasa asing, di sana kita bisa melihat berbagai penerjemahan Alquran mulai dari bahasa Itali, Jerman, Perancis, Inggris, Belanda dan Spanyol yang sudah ada sejak tahun 1500 an. Ini artinya perkembangan penerjemahan Alquran sudah ada pada abad ke-12 Masehi. Sementara penerjemahan Alquran ke dalam bahasa Indonesia atau waktu itu dikenal sebagai bahasa Melayu dimulai oleh Syekh ‘Abd al-Rauf Ibn ‘Ali al-Fanshuri dengan menggunakan huruf Arab Melayu. Baru kemudian muncul di tahun 1950 diterbitkan Tafsir Qur’an Karim yang diterjemahkan oleh Prof. H. Mahmud Yunus. Saat ini penerjemahan dan penafsiran Alquran semakin intens dilakukan oleh para ulama.

Karena itulah buku ini semakin menarik untuk dibaca tidak hanya bagi para mahasiswa tetapi juga bagi para sarjana maupun masyarakat umum yang ingin megenal lebih jauh hal-hal yang berkaitan dengan ilmu-ilmu Alquran.

Peresensi: Juniawati Suza. S.Ag, Kepala Sekolah PAUD Aisyah Az-Zahra Jalan Karya Kasih Medan.

Sumber: http://www.analisadaily.com/news/40778/mengkaji-alquran-lewat-ulumul-quran

 

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH