PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

DVD Sahih al-Bukhari: Terjemah dan Takhrij Interaktif

Hadis Rasulullah saw merupakan sumber ajaran agama Islam setelah al-Qur’an, karena itu Hadis harus diketahui, dibaca, dikaji dan diamalkan. Sahih al-Bukhari adalah kitab hadis yang menghimpun hadis-hadis Rasulullah saw secara sistimatis tematis, dengan akurasi otentitas yang sangat tinggi. Diakui dan disepakati oleh mayoritas ummat Islam sebagai kitab yang paling benar setelah al-Qur’an.

Kesahihan dan otentitas kitab ini sudah melalui proses yang panjang dan melibatkan ribuan ulama yang pakar di bidang Hadis. Semua, atau hampir semua mengakui kekuatan kitab ini secara riwayat. Hasilnya, merekapun sepakat bahwa kitab ini adalah kitab hadis yang paling sahih.

Berangkat dari kedudukan Hadis Rasulullah saw sebagai sumber kedua hukum dan ajaran Islam setelah al-Qur’an, maka memiliki kitab Sahih al-Bukhari untuk kemudian dibaca dan diamalkan, adalah suatu keniscayaan dan keharusan bagi setiap individu ummat Islam.  Namun kendala harga kitab asli yang relatif mahal, lalu kendala bahasa yang menggunakan bahasa Arab, menjadikan mayoritas umat Islam, khususnya Indonesia, belum memiliki kitab ini.

Menyadari akan hal itu, Pusat Kajian Hadis melakukan terobosan kecil dengan mengadakan Gerakan Wakaf DVD Sahih al-Bukhari, Terjemah dan Takhrij Interaktif.

DVD Sahih al-Bukhari, Terjemah dan Takhrij Interaktif adalah Kitab digital Sahih al-Bukhari yang diterjemahkan dan diberi cacatan takhrij sederhana, yang dibuat dalam aplikasi multimedia.

DVD ini diproduksi dalam dua edisi, edisi pertama berisi 8 bab pertama, hadis no. 1- 335. Edisi kedua adalah edisi lengkap yang memuat keseluruhan isi kitab Sahih al-Bukhari.

Sumber: http://kaderulamakemenag.blogspot.com/2012/02/dvd-sahih-al-bukhari-terjemah-dan.html#more

 

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH