PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

IIQ DALAM MEDIA

199 Mahasiswa Sandang Gelar Sarjana Institut Ilmu Al-Quran

DEPOK – Sebanyak 199 mahasiswa Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) tahun 2015 resmi menyandang gelar Sarjana drai lembaga ini. Mahasiswa ini berasal dari beberapa fakultas yakni Fakultas Syariah sebanyak 29 mahasiswa, Fakultas Usuluddin (42 mahasiswa), Fakultas Tarbiyah (71 mahasiswa) dan program Pascasarjana sebanyak 53 mahasiswa.

Pengukuhan tersebut dilakukan langsung oleh Rektor IIQ, Prof. Dr. Hj. Huzaemah T. Yanggo, MA pada acara Prosesi Wisuda  dan Dies Natalis ke-38 IIQ, di Pusdiklat Kemendikbud, Jalan Cinangka, Bojongsari, Depok, Sabtu (29/8) seperti dikutip dalam keterangan tertulis diterima JPNN.

Menurut Huzaemah, IIQ merupakan satu-satunya lembaga Pendidikan Tinggi Islam Swasta di Indonesia pada tingkat satuan pendidikan Strata Satu (S1). Institut ini, menurut Huzaemah, secara khusus mendidik kaum perempuan dan berkonsentrasi dalam bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an, meliputi ilmu syari’ah, ilmu ushuluddin dan ilmu tarbiyah.

“Semuanya dikhususkan dalam pendalaman dan pengembangan ilmu nagham, tahfizh, tafsir,  rasm dan qira’at Al-Qur’an. Ini dimensi keunggulan dan distingsi IIQ di tengah beragamnya Perguruan Tinggi  Keagamaan Islam di negeri ini,” katanya. Lebih lanjut, Huzaemah mengugkapkan, pada tingkat satuan Pendidikan S2 IIQ Program Pascasarjana, konsentrasi pada ulumul qur’an dan Ulumul Hadist, ilmu Syariah, dan ilmu Tarbiyah. Dikatakannya, selain kurikulum nasional, IIQ memiliki kurikulum lokal yang menjadi ciri khas takhassus lembaga yang dipimpinnya. Diantaranya adalah pendalaman dalam bidang tahfizh, tilawah, khat, tafsir, ilmu qira’at, dan karya ilmiah Al-Qur’an.(fri/jpnn)

Sumber: http://m.jpnn.com/read/2015/08/30/323390/199-Mahasiswa-Sandang-Gelar-Sarjana-Institut-Ilmu-Al-Quran

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH