PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

PENGABDIAN KADERISASI METODE BAGHDADI 2019

 

08 Juli 2019—Dr. KH. Ahmad Fathoni, Lc., MA. memberikan pembekalan kepada kader Metode Baghdadi dalam acara pelepasannya di Pesantren Takhasus IIQ Jakarta. Dalam sambutannya, beliau menceritakan kisah perjuangannya menimba ilmu dan memberi semangat kepada para kader dalam menjalankan program Pengabdian Kaderisasi Metode Baghdadi nanti.

Metode Bagdadi merupakan metode lama yang di masyarakat dikenal dengan turutan, alif alifan, juz amma, muqaddam, atau Al-Quran kecil. Metode ini dikembangkan kembali oleh JQHNU dan IIQ Jakarta. Metode Bagdadi ini sudah mulai dikembangkan oleh PP JQHNU sejak akhir tahun 2014.

Pada tahun ini, kader Baghdadi yang terjun ke lapangan untuk  metode Baghdadi berjumlah 16 orang. Kesemuanya merupakan mahasiswi IIQ Jakarta yang mengisi liburan semester genapnya dengan mengajar Metode Baghdadi selama satu hingga dua bulan.

Setiap tahunnya, Metode Baghdadi mengirim kader-kadernya untuk pengabdian dengan mengajarkan seluruh materi Baghdadi ke berbagai daerah. Kali ini, terdapat beberapa daerah yakni, Bogor, Tangerang, Bandung, Cirebon, dan Pesantren Dârus Shofwah yang berada di Bogor. Sebelum dikirim ke berbagai daerah, kader Metode Baghdadi terlebih dahulu diberi pelatihan hingga dinyatakan lulus ujian. (HF)

Mahasiswa IIQ, Juara Qori Indonesia 2019 di RTV

 

14 Maret 2019, RTV mengadakan audisi Qori Indonesia di Pesantren Takhasus IIQ Jakarta. Dalam penyelenggaraannya di Bulan Ramadhan ini, tercatat tiga mahasiswa IIQ meraih prestasi dalam ajan Qori Indonesia 2019 RTV ini. Fathmah Muthi`ah, mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir IIQ Jakarta ini berhasil meraih juara satu. Ia mampu mengalahkan pesaingnya,  Zulaikha dari Batam, Kepulauan Riau pada Grand Final.

Nama lain yang meraih prestasi yakni Mustianah Aisyi mahasiswa Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam semester II yang meraih juara III. Selain itu, adapula Iffatul Maliha, mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir yang masuk nominasi enam besar. Prestasi tersebut merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi IIQ Jakarta sebagai institusi yang memang concern di bidang Al-Qur`an dan ilmu-ilmunya, termasuk nagham Al-Qur`an dan tahfidz. (HF)

Kegiatan Ramadhan 1440 H Pesantren IIQ

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH