PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

NOBAR BERSAMA KEMENDIKBUD

 

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pengembangan Pusat Perfilman mengadakan pemutaran film bersama satuan pendidikan dan masyarakat. Salah satunya diadakan di Pesantren Takhasus IIQ Jakarta pada 12 Februari 2019. Film yang diputar kali ini berjudul Moonrise Over Egypt.

Moonrise Over Egypt merupakan sebuah film sejarah yang berkisah tentang perjuangan mendapatkan Kedaulatan Republik Indonesia pada tahun 1947. Kisah perjuangan diplomasi pertama Indonesia ini dipimpin oleh Haji Agus Salim dengan anggota delegasi lain yakni Abdurrahman Baswedan, Muhamad Rasjidi, dan Nazir Pamoentjak.

Dalam acara ini, sambutan disampaikan oleh pihak Kemetrian Kassubag TU Bapak Abu Chanifah, SH. Selain pemutaran film, Pengembangan Pusat Perfilman juga mengadakan kuis seputar film yang ditonton oleh mahasantri IIQ Jakarta. Sebelum acara ditutup, pihaknya memberikan hadiah kepada mahasantri yang menjawab kuis. (HF)

Pendidikan Penggerak IIQ Jilid 3

Setelah sukses dengan acara PPI Jilid 1 dan 2, Pesantren Takhasus IIQ Jakarta kembali mengadakan PPI Jilid 3 di Serua Green Village Bojongsari, Sawangan, Depok.  Acara ini dilaksanakan pada 04-05 Februari 2019. PPI kali ini lebih memaksimalkan kerja lapangan dibanding materi dalam ruangan. Peserta PPI tidak lagi terlalu banyak mendengarkan materi, namun langsung menguatkan kerja tim yang dibangun dari berbagai permainan.

 

Elemen lembaga organisasi di IIQ memang beragam, dari Pengurus Pesantren, Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa (BKKBM) IIQ yang mencakup Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Mahasiswa (Dema), Dewan Mahasiswa Perfakultas (Dema FT, Dema FS, Dema FU), Koperasi Mahasiswa (Kopma), Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPQ), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), Lembaga Seni Budaya Mahasiswa (LSBM), Perpustakaan Baitul Hikmah (Perbaik), Lembaga Bahasa IIQ (LBI) dan beberapa Organisasi Daerah (Orda). Keseluruhan lembaga tersebut mayoritas berkegiatan di Pesantren Takhasus IIQ Jakarta. Untuk memadukan visi, misi, dan koordinasi yang baik, diharapkan kegiatan PPI ini mampu mengharmonikan kinerja antar lembaga dan mencegah terjadinya overlapping. Untuk itu, dalam rangkaian acara juga disertakan Rapat Koordinasi (Rakor) yang menjadi agenda tahunan Pesantren Takhasus IIQ Jakarta dengan semua lembaga kemahasiswaan di IIQ Jakarta.

 

“PPI adalah konsep Latihan Kepemimpinan (LK) yang berbeda dari LK biasanya. Aplikatif dan tidak menjenuhkan. Melalui PPI, kami diarahkan untuk menyamakan frekuensi dalam kepengurusan, baik niat, tujuan, dan cara pandang. Sehingga selesai kegiatan PPI kami membawa semangat baru untuk melaksanakan kepengurusan kami satu periode kedepan. Harapan kami, PPI tetap dilaksanakan, selain untuk rakor juga bisa jadi media evaluasi kenerja kepengurusan.” Tanggap Itsam Samrotul Fuadah, Ketua Sema IIQ.

 

“PPI Jilid 3 keren banget karena metode yang digunakan dalam pelatihan PPI ini bukanlah teori ataupun motivasi namun terjun langsung melalui sebuah game bagaimana cara menyelesaikan sebuah tantangan yang dihadapi.” Tambah Nur Ruwaidah, Presiden Dema Fakultas Syariah. (HF)

 

 

IIQ JAKARTA KEMBALI MENYABET JUARA

IIQ Jakarta mengirimkan delegalasinya dalam Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadist (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud Tingkat Nasional ke XI di Atase Kedutaan Arab Saudi.

MHQH yang digelar sejak 28 Januari 2019 ini diikuti 290 peserta. 160 peserta putra dan 100 peserta putri dengan golongan musabaqah hafalan 30 juz, 20 juz, 15 juz, dan 10 juz. Sedangkan untuk hafalan hadis diikuti 30 peserta.

Dalam momen tersebut, IIQ berhasil meraih beberapa juara, yakni:

golongan 10 juz: Mawaddah Khoiriyah juara ll (alumni Syariah)
golongan 15 juz:
ilfi Zakiyah juara l (alumni Tarbiyah)
Nila Wahyuni juara lll (Ushuluddin smt. 2)

golongan 20 juz:
Rafika Dewi juara lll (Ushuluddin Smt 6)

golongan 30 juz : Ameliatul Khoiriyah juara lll (instruktur tahfizh/alumni Ushuluddin). (HF)

 

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH