PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

Peringatan Harlah IIQ Ke-40

02, 05-07 Mei 2017—Institut Ilmu Al-Quràn (IIQ) Jakarta memperingati hari lahirnya yang ke-40. Serangkaian acara dilaksanakan untuk memperingati dan mendoakan kampus yang telah berdiri sejak tahun 1977 ini. Kesibukan panitia Hari Lahir (Harlah) IIQ Jakarta telah dimulai sejak 28 April untuk pembagian khataman Al-Quràn sebanyak 40 kali khataman yang dibaca oleh seluruh komponen akademika IIQ Jakarta, bahkan para alumninya. Puncak dari acara khotmul quràn tersebut adalah pembacaan doa dan makan bersama (02/05) di halaman Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) IIQ Jakarta yang berada dalam kawasan Pesantren Takhasus IIQ Jakarta di daerah Pamulang Timur.

Acara tidak berhenti pada hari itu saja. Panitia dari Departemen Mahasiswa (Dema) IIQ Jakarta dan Lembaga Seni Budaya Mahasiswa (LSBM) menyelenggarakan berbagai musâbaqah pada tanggal 05-07 Mei. Berbagai musâbaqah tersebut yakni Musâbaqah Tilâwah al-Quràn (MTQ), Musâbaqah Hifzh Al-Qur`ân (MHQ), Musâbaqah Murattal Qirâ`at Al-Qur`ân (MMQQ), Musâbaqah Kaligrafi Al-Qur`an (MKQ), Musâbaqah Syarhil Al-Qur`ân (MSQ), Musâbaqah Makalah Al-Qur`an (MMQ). Selain itu, lomba lain yang diselenggarakan yakni hadrah, marawis, dan nasyid.

Puncak acara tersebut diselenggarakan Ahad malam Senin (07/05) yang dimeriahkan oleh Grup Shalawat dan Khatmul Qur`an As-Syifa`, alumni IIQ Jakarta. Acara yang ditutup oleh Wakil Rektor (Warek) III tersebut sekaligus mengumumkan pemenang lomba. Beberapa kategori lomba memberikan apresiasi kepada pemenang berupa beasiswa kuliah di IIQ Jakarta. Lomba yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi dan pesantren tersebut sekaligus menjadi ajang silaturrahmi antar peserta dan penyelenggara. Diharapkan, IIQ Jakarta sebagai pionir di bidang Al-Qur`an memiliki kesempatan mengadakan musâbaqah kealquranan setiap tahunnya sebagai motivasi tersendiri bagi para penggelut Al-Qur`an dan ajang pengenalan IIQ Jakarta kepada masyarakat luas. (HF)

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH