PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

Memperingati Maulid Nabi di Pesantren IIQ Jakarta

Cara Pesantren Takhasus Institut Ilmu Al-Quràn (IIQ) Jakarta memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. tidak jauh berbeda dengan lembaga lain namun tetap dengan kekhasannya yakni khotmul Quràn bilghaib. Rangkaian acara dimulai tanggal 01 Desember 2017 dengan membentuk 5 majelis yang disebar di seluruh lokal asrama dan masjid. 5 majelis khotmul Quràn tersebut terletak di Asrama Rusunawa, Asrama DKI, Asrama Joesoef, Asrama Hj. Halimah, dan Masjid Raudhatul Quràn. Setiap majelis mendapat bagian 6 juz yang dibaca dengan hafalan (bilghaib) seluruhnya.

02 Desember 2017 diisi dengan kegiatan doa khotmul Quràn dan dilanjutkan dengan pembacaan dibaiyyah diiringi dengan tabuh banjari. Jika biasanya Kamis malam Jumát diisi dengan beragai kegiatan yang bergantian seperti tahlil, khataman Al-Quràn, dan Dibaiyyah, rencananya, pada bulan Maulid ini kegiatan rutinan Kamis malam Jumát akan khusus diselenggarakan untuk kegiatan dibaiyyah mengingat momen bulan kelahiran Rasulullah saw. belum usai.

Rangkaian kegiatan selanjutnya 03 Desember 2017 adalah pembacaan Burdah di halaman Rusunawa. Burdah sebagai syair pujian kepada Rasulullah merupakan sarana yang diharapkan sebagian kaum muslimin untuk mendapat syafaat dari Rasulullah. Burdah yang merupakan kegiatan rutinan Pesantren Takhasus IIQ Jakarta ini dipimpin oleh KH. Junaidi HMS, pimpinan Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Pasir Putih Depok dan Pimpinan Majelis Burdah dan Jausyan Laskar Jausyan. (HF)

 

 

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH