PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

Seminar “Diskusi Islam di Medsos: Tantangan untuk Generasi Milenial”

Diskusi Islam di Medsos: Tantangan untuk Generasi Milenial, merupakan tema yang dibahas dalam seminar bersama Prof. DR. H. Nadirsyah Hosen, MA., Rois Syuriah PCINU Australia, Guru Besar Faculty of Law Monash University Australia, sekaligus putra Bungsu dari Pendiri Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta.

Anak muda masa kini, yang diistilahkan dengan generasi milenial merupakan pembahasan yang tepat untuk memberi suntikan semangat bagi mahasiswi IIQ Jakarta. Selagi pulang ke tanah air, Gus Nadir—panggilan akrab beliau—diminta mengisi seminar di Pesantren Takhasus IIQ Jakarta yang diminta langsung oleh Warek I IIQ, kakak beliau sendiri, yakni Dr. Hj. Nadjematul Faizah, SH. M. Hum.

Dalam seminarnya, Gus Nadir membincang mengenai generasi milenial yang lebih aktif di medsos ketimbang turats. Sebagai orang akademisi, maraknya berita yang tersiar di medsos tidak boleh ditelan mentah-mentah. Mahasiswa harus mencari sumbernya terlebih dahulu untuk memastikan apakah kabar tersebut fakta ataukah hanya berita hoax. Di masa modern ini, penting kiranya menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman, namun muslim harus tetap kembali ke sumber Islam dan turats Islam. Muslim harus merujuk kepada kitab-kitab klasik Islam.

Dalam seminarnya, Gus Nadir juga menyinggung metode-metode pembelajaran dalam Al-Qur`an seperti dialog, bercerita, dan amtsal. Dosen yang sehari menghabiskan empat buku bacaan ini memiliki minat baca yang tinggi dari uswah sang Abah. Prof. Ibrahim Hosen memberi contoh kepada anak-anaknya dengan sering membaca buku dan membawa buku kemana-mana. Dari metode uswah tersebut, tertanam minat baca yang tinggi kepada anak bungsu beliau ini. Guru besar yang menyelesaikan dua pendidikan strata 2, dua pendidikan strata 3, dan post doctoral ini giat dalam berbagai disiplin keilmuan karena termotivasi oleh pesan sang Abah, “Abah cuma jadi Khodimul Fiqhi, maka jadilah khodimul ilmi”. (HF)

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH